Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel – Bagi staf administrasi lembur Anda yang saat ini menggunakan perhitungan manual Excel, membuat daftar gaji lembur sungguh membuat frustrasi dan memakan waktu. Unit kerja menyampaikan Surat Perintah Membayar Lembur (OVERHOUR) yang berisi maksimal 10 atau 15 perintah lembur.

Anda tidak perlu repot lagi karena sudah membuat program excel sederhana namun hasilnya sangat mudah :). Mengapa? Karena program ini merupakan program multi-output, berarti program form Overtime Excel dapat melakukan 2 (tiga) pekerjaan admin sekaligus:

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Cukup dengan memasukkan data lembur 1 (satu) kali saja, maka program akan menghasilkan 5 (lima) output yang sangat menghemat waktu dan tentunya mengurangi kesalahan perhitungan lembur. Output dari perhitungan lembur form excel terdiri dari :

Kalkulator Hitung Lembur

Unduh file demo menggunakan Google Drive. Jika anda berminat silahkan ikuti petunjuk di Application_Excel_Form_Perhitungan_Lembur_dv.xslm atau email [email protected] untuk petunjuk penggunaan aplikasi super ini di unit kerja anda.

Jika Microsoft Office Excel tidak aktif di PC/Laptop anda, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Excel Macros pada bagian Enable Excel Macros.

BERANDA Tombol ini membawa Anda ke halaman beranda aplikasi. Halaman ini merupakan halaman default saat pertama kali membuka aplikasi.

Halaman ini berisi tombol Masukkan/Edit Data dan fungsi pencarian data; Salah satu fungsi dari fungsi ini adalah untuk mencari yang namanya Lembur; Jumlah pekerja yang bekerja lembur; Total jumlah lembur yang dibayarkan untuk aktivitas tersebut; Setorannya adalah Pph 21, yang merupakan jumlah total hari dan jam lembur per kegiatan.

Contoh Slip Gaji Karyawan: Komponen Dan Format

Halaman referensi adalah halaman yang berisi informasi referensi aplikasi agar dapat bekerja sesuai petunjuk Anda. Halaman referensi adalah halaman yang perlu Anda isi sebelum memasukkan informasi lembur Anda.

Isikan kolom-kolom yang perlu diisi pada halaman IDENTITAS sesuai unit kerja Anda:

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, karakter “daftar periksa” yang bertuliskan “LETTERHEAD” memberi tahu program apakah entri di kolom ID adalah LETTERHEAD.

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Jika ingin menampilkannya di form, centang “checklist” dan jika tidak ingin sebaliknya, hapus centang “list”.

Cara Menghitung Lembur Karyawan Harian

Tautan referensi lainnya adalah halaman DETAIL KARYAWAN; Halaman ini berisi tabel rincian pegawai unit kerja Anda dengan informasi sebagai berikut:

Masukkan seluruh informasi karyawan ke dalam unit kerja Anda, karena halaman ini merupakan sumber informasi program yang memungkinkan Anda membaca informasi tentang karyawan yang bekerja lembur.

Penting untuk mengisi halaman ini sesuai dengan kebutuhan departemen Anda karena ini akan berfungsi sebagai link ke permintaan lembur Anda.

Setelah mengisi semua informasi lamaran sesuai kebutuhan unit bisnis Anda, aplikasi siap Anda buatkan daftar shift! Tidak hanya itu, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, program ini dapat menghasilkan 5 (lima) output per input…!

Upah Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur

Klik tombol HOME pada halaman tersebut yaitu tombol Login / GANTI OVERTIME, maka aplikasi akan menampilkan form login seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Setelah selesai memasukkan semua kolom data, tekan tombol Simpan. Sementara itu, tombol lainnya berfungsi sesuai dengan namanya: tombol Baru, Tutup, dan Edit.

Jika terjadi kesalahan ketik atau kesalahan lainnya pada saat entri data, klik tombol Enter/GANTI LEBIH WAKTU pada halaman utama aplikasi dan pilih menu perubahan data aktivitas atau aktivitas dengan mengklik tombol GANTI pada formulir entri data.

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Setelah Anda menentukan nomor data mana yang ingin Anda edit, data yang dimasukkan sebelumnya akan ditampilkan dan data akan diedit jika diperlukan.

Apa Itu Arti, Contoh Cara Hitung Payroll Gaji Karyawan Adalah?

Alternatifnya, Anda dapat menghapus data yang tersimpan menggunakan formulir ini dengan mengklik tombol Hapus, tentunya memilih nomor data yang akan dihapus terlebih dahulu.

Setelah Anda selesai memasukkan data pengiriman, sekarang saatnya melihat dulu apa yang bisa dibuat oleh program Excel ini.

Klik tombol PRINT dan program akan mengarahkan Anda ke halaman pencetakan daftar lembur seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Tombol dan menu drop down di atas berfungsi sama seperti tombol pada halaman SK PEMBAYARAN, SK LISA, SPKL dan NONE.

Cara Menghitung Lembur Karyawan Terbaru Dan Contohnya

Tombol tambahan yang terdapat pada halaman selanjutnya adalah tombol EDIT yang dapat digunakan untuk mengubah tinggi baris atau lebar kolom jika ingin mencetak surat perintah bayar, SK tambahan, SPKL, atau daftar hadir atau lembur.

Ini adalah panduan singkat tentang cara menggunakan formulir aplikasi Excel untuk menghitung lembur; Anda dapat mengunduh versi demo dari Google Drive, dan jika Anda memiliki makro Excel, Anda dapat mengunduh panduan cara mengaktifkan makro Excel di bagian Cara mengaktifkan makro Excel. komputer. belum diaktifkan Contoh formulir lembur karyawan yang harus diketahui oleh profesional hak asasi manusia – Menurut Undang-Undang Cipta Kerja, maksimal 4 jam per hari dan maksimal 18 jam per minggu dapat ditetapkan sebagai lembur (tidak termasuk hari libur mingguan dan hari libur nasional ).

Oleh karena itu, sebelum menerapkan kebijakan lembur, Anda harus terlebih dahulu mengeluarkan surat perintah lembur yang disebut juga dengan formulir lembur karyawan, formulir permintaan lembur, formulir perintah lembur, atau formulir lembur.

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Formulir lembur merupakan bukti kesepakatan dan kesepahaman antara Anda (atasan/manajemen perusahaan) dan karyawan. Jika tidak ada kesepakatan maka tidak akan ada lembur.

Aplikasi Perhitungan Lembur Untuk Hitung Overtime Karyawan

Selain sebagai bukti tertulis kepatuhan terhadap peraturan pemerintah, Formulir Lembur Karyawan Excel dapat digunakan dengan berbagai cara, antara lain:

A) Terwujudnya kompensasi yang adil. Anda memerlukan akuntabilitas karyawan yang tepat, dan karyawan memerlukan upah lembur yang layak. Oleh karena itu, jenis kerja lembur menjadi dasar upah lembur dan tanggung jawab pekerja.

B) Melindungi sumber daya perusahaan dan karyawan. Formulir lembur juga menentukan siapa yang berhak lembur, sehingga membantu meminimalkan penyalahgunaan sumber daya perusahaan dan melindungi produktivitas, kesehatan, dan keselamatan karyawan, terutama pada pekerjaan sensitif.

Tidak ada format standar untuk membuat formulir lembur karyawan. Umumnya formulir dibuat dalam dokumen Word atau Excel yang memuat informasi penting seperti nama formulir, tanggal pengiriman formulir, sebaran karyawan dan daftar siapa yang akan bekerja lembur, serta tempat bekerja. dimana pekerjaan tersebut akan dilakukan. dan waktu. lembur, definisi lembur, durasi lembur dan tanda tangan kedua belah pihak.

Cara Mudah Menghitung Gaji Karyawan Bulanan Dan Prorata

Untuk keperluan penggajian, data pada formulir lembur karyawan ditransfer kembali ke tabel yang merangkum minggu dan bulan. Penting untuk memperhitungkan upah lembur, yang merupakan salah satu komponen penggajian pekerja.

Dalam praktiknya, bentuk lembur justru menimbulkan banyak kendala baru. Anda mungkin pernah menemui beberapa kendala berikut ini.

A) Dokumen mungkin tercecer, rusak atau hilang. Penggunaan kertas untuk pencatatan lembur sangat rentan terhadap kerusakan dan kehilangan, sehingga diperlukan pengarsipan yang cermat dan terorganisir.

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

B) Meluangkan banyak waktu untuk prosedur persetujuan. Alur kerja setiap perusahaan berbeda-beda. Harus bekerja lembur membuat frustrasi karena semua kontrak lembur membutuhkan waktu untuk diselesaikan.

Kalkulator Lembur Sesuai Peraturan Ketenagakerjaan Terbaru

C) Risiko kesalahan penggajian. Pada saat pemindahan data pada formulir lembur ke formulir ringkasan lembur bulanan dan mingguan, harus dimasukkan dan dihitung secara manual satu per satu. Kesalahan entri data pasti akan memberikan dampak finansial yang signifikan bagi perusahaan.

D) Tidak mampu beradaptasi dengan sistem kerja fleksibel. Format lembur manual kurang disesuaikan dengan budaya kerja yang sudah ada dan menjadi lebih fleksibel sejak pandemi, seperti kerja jarak jauh, WFH, dan kerja hybrid. Situasi ini membuat prosedur implementasi dan penerapan menjadi sulit.

Jangan khawatir, kini ada solusi praktis untuk mengurus lembur dan administrasi administrasi. Anda dapat mempercayai software absensi dan penggajian digital Gadjian!

Mempermudah karyawan untuk bekerja lembur dengan mencatat waktu masuk, istirahat, dan kepulangan. Ada juga fungsi lembur di mana Anda dapat mengelola persetujuan lembur secara terpusat melalui aplikasi dan mengunduh ringkasannya dalam satu klik.

Tabel Perhitungan Upah Lembur Old

Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui durasi dan rincian jam lembur seorang karyawan. Semuanya dihitung secara otomatis dan disimpan dalam sistem yang keamanannya terjamin. Tidak diperlukan dokumen kertas, sehingga proses manual seringkali jauh lebih cepat.

Anda kemudian dapat mengimpor data lembur karyawan ke dalam aplikasi penggajian Gadjian untuk menghitung besaran gaji. Fitur Pembayaran Lembur Kalkulator Gadjian secara otomatis menghitung upah lembur karyawan Anda dan hasilnya otomatis ditampilkan di komponen Penggajian. Tak perlu khawatir salah hitung, serahkan saja pada Gadzian.

Aplikasi dan Gadjian cocok untuk sistem kerja yang berbeda lho, meski perusahaan Anda sudah menerapkan kerja fleksibel. Kedua aplikasi tersebut dapat diunduh dan diinstal pada ponsel Anda dan karyawan Anda. Penggunaannya mudah, sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk mempelajarinya.

Cara Menghitung Gaji Lembur Di Excel

Tag #contoh formulir lembur karyawan #formulir lembur excel #formulir lembur karyawan excel #formulir permintaan lembur #formulir lembur #penghitungan upah lembur #surat perintah lembur

Cara Menghitung Gaji Harian

Ini adalah aplikasi berbasis cloud yang merupakan solusi akurat dan hemat biaya untuk melacak kehadiran karyawan (absensi, kehadiran) di berbagai lokasi menggunakan GPS dan pengenalan wajah biometrik untuk akurasi optimal. Rumus dan Contoh Rangkuman Lembur Excel Terbaru – Lembur adalah pekerjaan yang dilakukan di luar jam normal tempat kerja.

Selain membantu perusahaan memenuhi permintaan produksi atau layanan yang meningkat, sistem manajemen lembur yang efektif juga penting untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja karyawan.

Dalam konteks hukum Indonesia, perusahaan tunduk pada Pasal 28 PP no. Harus mematuhi peraturan lembur yang ditetapkan dalam 2. 35 pada tahun 2021;

PP pasal 26 ayat 1 no. Pada tahun 2021, Pasal 35 menyebutkan bahwa kerja lembur dapat diperpanjang sampai dengan 4 (empat) jam dalam sehari atau 18 (delapan belas) jam per minggu, namun tidak termasuk kerja lembur yang dilakukan atau dilaksanakan pada hari istirahat mingguan dan hari libur nasional.

Menghitung Jam Lembur

Pengusaha juga harus membayar lembur, memberikan waktu istirahat kepada karyawan, dan memberikan pekerjaan.

Cara menghitung lembur dari gaji pokok, cara menghitung jam lembur di excel, menghitung lembur karyawan dengan excel, cara menghitung upah lembur di excel, menghitung jam lembur di excel, cara menghitung gaji lembur, cara menghitung gaji lembur per jam, menghitung lembur di excel, cara menghitung jumlah jam lembur di excel, rumus menghitung lembur di excel, cara menghitung lembur karyawan dengan excel, cara menghitung lembur di excel

Leave a Comment