Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form – Dengan Google Form, Anda tidak perlu bersusah payah mencari data dan tidak perlu khawatir untuk mendistribusikan dokumen satu per satu. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat!

Anda masih memiliki masalah dalam mengumpulkan data seperti survei, formulir pendaftaran, dll. Apakah masih melakukannya dengan tangan seperti menggunakan kertas? Jika iya, kali ini kami menghadirkan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dalam bentuk digital. Berikut cara membuat formulir digital menggunakan Google Form.

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman Gmail dan klik ikon Google Apps di pojok kiri atas. Selain itu, Anda dapat membuka halaman

Cara Membuat Google Form Untuk Survei Dan Ujian Dengan Mudah

Nah, diantara sekian banyak tools Google yang tersedia, cari dan pilih ikon Google Forms seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Di sudut kanan atas. Selanjutnya form tersebut dapat diberi nama/judul dan keterangan pada kolom pertama seperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya, di bawah judul dan deskripsi, Anda akan melihat kolom pertanyaan. Di kolom ini Anda dapat membuat pertanyaan yang Anda inginkan.

Setelah membuat pertanyaan, langkah selanjutnya adalah menentukan format respon yang diinginkan. Anda dapat memilih jenis jawaban pada kolom sebelah kanan daftar pertanyaan. Terlihat pada gambar di bawah ini terdapat banyak sekali pilihan jawaban, mulai dari jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda/pilihan hingga kotak centang pilih.

Cara Menambahkan Skala Likert 5 Poin Di Google Form Anda

Untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat memilih simbol (+) di sebelah daftar pertanyaan pertama. Selain itu, untuk formulir jawaban seperti pilihan ganda/pilihan dapat ditambahkan dengan memilih opsi Tambah.

Selain itu, Anda dapat mengunggah berbagai media seperti foto dan video dengan memilih ikon di bawah tanda (+).

Jika Anda ingin pertanyaan Anda bersifat wajib, Anda dapat mengaktifkan tombol wajib/wajib di pojok kanan bawah setiap pertanyaan. Oleh karena itu, orang yang mengisi formulir tidak dapat melanjutkan ke halaman berikutnya jika tidak menjawab pertanyaan.

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Setelah memasukkan semua tanda tanya, Anda dapat memeriksa formulir yang dihasilkan. Caranya adalah dengan mengklik ikon “mata” di pojok kiri atas. Nantinya, kertas tersebut akan tampil sebagai bentuk buatan, namun dari sudut pandang orang lain. Selain itu, Anda dapat mengubah tema atau warna tampilan formulir dengan memilih ikon palet warna seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara Membuat Google Form Paling Mudah Untuk Pemula

Setelah mengisi formulir yang Anda buat, Anda pasti harus membagikannya untuk diisi oleh tag Anda. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membagikan Google Form yang Anda buat.

Apa kabarmu? Mudah? Demikianlah cara membuat Google Form yang bisa langsung Anda coba. Bagi yang ingin menambah skill baru, langsung saja ke akademi skill. Berbagai pelatihan dengan materi mendetail tersedia di Skills Academy. Nantinya, Anda akan belajar dengan instruktur yang berpengalaman di bidang Anda. Jadi tunggu apa lagi yuk, selain mesin pencari, Google punya berbagai layanan yang bisa kita gunakan secara gratis. Beberapa contohnya adalah Google Docs, Google Sheets, dan Google Forms. Sebaliknya

Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk membuat survei atau pertanyaan. Untuk mempelajari cara membuat Google Form, lihat artikel berikutnya. Artikel ini akan mengajarkan Anda cara membuat Google Form dari awal sampai akhir, mulai dari apa itu Google Form dan cara mencetak hasil Google Form. Anda dapat menggunakan metode ini di ponsel atau komputer Anda.

Google Forms (atau dikenal dengan Google Forms dalam bahasa Indonesia) adalah sebuah alat yang digunakan untuk melakukan penelitian secara online. Google Formulir pertama kali diluncurkan pada 6 Februari 2008, lebih dari 12 tahun yang lalu. Google Formulir adalah bagian dari rangkaian Google Drive, yang juga mencakup Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slides.

Cara Membuat Google Form

Meski disebut Google Forms (atau Google Forms dalam bahasa Indonesia), Google Forms bisa melakukan lebih dari sekadar membuat survei atau formulir. Google Forms dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan, pertanyaan atau mendaftar lamaran pekerjaan secara online.

Google Forms sebagai alat penelitian memiliki kelebihan dan kekurangan. Google Formulir setidaknya memiliki 3 fitur yang memungkinkan jutaan orang di seluruh dunia menggunakannya. Pertama, Google Formulir memiliki antarmuka yang mudah dipahami bahkan dapat digunakan oleh pengguna. Kedua, Google Forms terintegrasi dengan Google Sheets. Dengan demikian, data yang diperoleh dari Google Forms dapat dianalisis menggunakan Google Sheets. Ketiga, Google Forms dapat ditanamkan pada website/blog sehingga memudahkan webmaster dalam melakukan survey pada website/blognya.

Selain kelebihan di atas, Google Form juga mempunyai beberapa kekurangan. Kelemahan signifikan lainnya adalah desain yang sangat kecil dan kurangnya pilihan pilihan. Namun hal ini dapat dimaklumi karena Google Forms gratis.

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Cara membuat Google Form sebenarnya sangat sederhana. Untuk membuat Google Formulir, Anda harus memiliki Akun Google. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara membuat akun Google. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa langsung melihat cara membuat Google Form.

Cara Membuat Google Form

Jika Anda sudah memiliki akun Google, masuklah ke akun Anda terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara membuat Google Formulir:

Catatan: Formulir Google disimpan secara otomatis setiap kali Anda mengubahnya. Dengan cara ini Anda tidak perlu menyimpan Google Form secara manual.

Jawaban yang Anda peroleh akan berupa uraian singkat. Tipe ini cocok untuk mengumpulkan data singkat seperti nama, umur atau alamat email. Aturan dapat dibuat untuk mengisi kolom respons menggunakan validasi respons. Fitur ini berguna untuk kolom yang memerlukan respons terhadap format/aturan tertentu, seperti alamat email.

Untuk menambahkan aturan pengisian jawaban, klik tombol tiga titik di pojok kanan bawah setiap pertanyaan. Pilih opsi Konfirmasi jawaban.

Cara Membuat Google Form Untuk Ujian Online

Menjadi. Tipe ini cocok untuk tanggapan yang memerlukan paragraf penjelasan, seperti kritik, saran, dan lain-lain. Seperti halnya jawaban singkat, Anda dapat menambahkan aturan untuk mengecualikan jawaban menggunakan validasi jenis jawaban

Itu adalah pertanyaan pilihan ganda. Responden harus memilih salah satu pilihan yang tersedia. Anda juga dapat memberikan pilihan “Lainnya” kepada responden untuk menyampaikan jawaban lain yang tidak ada pada pilihan tersebut. Tipe ini cocok jika Anda ingin membuat kuis atau kuis.

/ anggota formulir lainnya sesuai dengan jawabannya. Misalnya, jika responden memilih jenis pekerjaan yang mereka geluti, mereka akan dirujuk ke jenis pekerjaan tersebut

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

/ Bagian pertanyaan khusus untuk wiraswasta. Caranya adalah dengan mengklik tombol tiga titik di pojok kanan bawah pertanyaan dan memilih opsi untuk menuju ke jawaban berbasis teks.

Langkah Mudah Dan Cepat Membuat Google Form Melalui Desktop

, dimana terdapat beberapa pilihan jawaban. Bedanya, responden hanya dapat memilih satu pilihan jawaban dari jenis tertentu

Menjadi. Dengan konfirmasi respon Anda dapat memilih berapa banyak pilihan yang dapat dipilih responden, misalnya setiap responden dapat memilih maksimal 3 pilihan.

Dibandingkan dengan jenis pertanyaan lainnya, pertanyaan ini masih tergolong baru. Jika Anda memilih tipe ini, responden harus mengunggah file ke formulir yang Anda buat. Jenis ini berguna, misalnya saat mengumpulkan foto, resume untuk lamaran kerja, dll.

Dalam hal ini responden dapat memilih skala dari 0 atau 1 hingga 2-10. Hal ini berguna untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, misalnya. Pelanggan dapat memilih skala linier ini sesuai dengan tingkat kepuasannya. Selain itu, Anda dapat menambahkan label berupa font atau emoticon di kiri dan kanan skala.

Cara Membuat Absensi Online Dengan Google Form Untuk Siswa

Format ini mungkin sedikit membingungkan karena pertanyaan terlihat berbeda saat diedit dibandingkan saat ditampilkan kepada responden. Anda melihat pertanyaan di gambar sebelumnya

Menjadi. Caranya, klik tombol tiga titik di pojok kanan bawah, lalu pilih Shuffle Rows. Jika Anda ingin membatasi responden hanya pada satu jawaban per kolom, pilih Batasi menjadi satu jawaban per kolom.

, Anda dapat membatasi satu jawaban per pertanyaan (dibatasi hingga satu jawaban per kolom) dan membuat pertanyaan acak (mengacak urutan barisnya).

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Pertanyaan jenis ini cocok jika ingin menanyakan tanggal tertentu, misalnya ingin menanyakan tanggal lahir responden. Google Formulir juga menawarkan opsi lain untuk menampilkan waktu tanggapan. Untuk menambahkan waktu, klik tombol tiga titik di pojok kanan bawah pertanyaan dan pilih Tambah Waktu.

Cara Membuat Google Form Di Hp Dan Laptop

Perhatikan bahwa format tanggal yang ditampilkan responden sesuai dengan format tanggal pada formulir pembuat akun Google (kecuali responden login ke akun Google-nya). Misal pembuat form menggunakan akun Google Indonesia maka format tanggalnya adalah DD/MM/YYYY.

Menjadi. Tipe pertama adalah waktu. Tipe ini cocok jika ingin menanyakan waktu, misalnya berapa lama responden pulang kerja setiap harinya. Selain waktu, Google Formulir menawarkan jenis respons kedua, yaitu durasi. Jawaban berupa durasi dapat digunakan misalnya pada pertanyaan berapa jam responden bekerja.

. Untuk mengubah panjang jawaban, klik tombol tiga titik di pojok kanan bawah, lalu bagian

Adalah orang yang bisa mengedit atau membagikan formulir sebagai pemilik formulir. Ini berguna ketika Anda bekerja dalam kelompok atau membutuhkan masukan/pembaruan dari orang lain. menambahkan

Cara Membuat Google Form Yang Menarik, Lengkap, Dan Praktis!

. Pertama, Anda bisa memasukkan alamat email orang yang ingin Anda tambahkan di kolom Tambahkan editor. Setelah beberapa saat, orang tersebut akan menerima undangan untuk mengedit di emailnya.

Cara kedua adalah dengan membagikan link tersebut kepada orang lain. Orang yang memiliki link dapat mengedit Google Formulir Anda. Untuk melakukan ini, klik tombol Ubah di bagian tersebut

Klik ikon segitiga terbalik di samping Dibatasi, lalu pilih setiap tautan. Kemudian klik tombol Salin Tautan untuk menyalin tautan.

Cara Menambahkan Deskripsi Di Google Form

Catatan: Jangan bagikan tautan kepada responden. Hanya berikan tautan kepada orang yang Anda beri izin untuk mengedit formulir.

Cara Membuat Google Form Di Hp Dan Pc Dengan Template, Tinggal Edit Sedikit

Sebelum mengirimkan formulir kepada responden, sebaiknya periksa terlebih dahulu pengaturan formulir. Untuk membuka form pengaturan berbagi, klik tombol pengaturan berbentuk roda gigi di pojok kanan atas.

Setelah membuat Google Formulir

Cara menambahkan email di google form, cara menambahkan poin di google form, cara menambahkan background di google form, cara menambahkan soal di google form, cara menambahkan gambar di google form, cara membuat deskripsi di google form, cara menambahkan kolaborator di google form, cara menambahkan link di google form, cara menambahkan tabel di google form, cara menambahkan header di google form, cara menambahkan logo di google form, cara menambahkan jawaban benar di google form

Leave a Comment